OUR BEST PARTNER EVER

Their contribution for our progress

Program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri, melalui pemanfaatan dana bergulir dari Perseroan.

selanjutnya
PT. TIMAH ( PERSERO ) TBK  OUR BEST PARTNER EVER Klik untuk menelusuri

Tata Kelola Perusahaan

Sistem tata kelola Perusahaan diatur dan dijelaskan dalam Pedoman Tata Kelola Perusahaan PT Timah (Persero) Tbk. Buku Pedoman ini memandu seluruh praktik tata kelola yang baik dan berkelanjutan di dalam ruang lingkup Perusahaan, secara komprehensif dan terinci. Penyusunan Pedoman ini dilandasi oleh lima prinsip tata kelola yang baik, yaitu transparansi, independensi, kewajaran, akuntabilitas, dan pertanggungjawaban.

 



Tujuan Tata Kelola Perusahaan

Bagi Perusahaan, penerapan tata kelola yang baik dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan berikut:

  • Memaksimalkan nilai Perusahaan bagi pemegang saham dengan tetap memperhatikan kepentingan seluruh pemangku kepentingan;
  • Meningkatkan daya saing Perusahaan baik secara nasional maupun internasional, dan mendorong tercapainya kesinambungan Perusahaan melalui pengelolaan yang didasarkan pada prinsip transparansi,
  • kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, serta kesetaraan dan kewajaran;
  • Mendorong setiap organ di Perusahaan agar melandaskan setiap proses pengambilan keputusan dan tindakan pada nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku;
  • Mendorong timbulnya kesadaran akan tanggung jawab sosial Perusahaan terhadap semua pemangku kepentingan dan kelestarian lingkungan di sekitar Perusahaan; dan
  • Meningkatkan kepercayaan pasar untuk mendorong arus investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkesinambungan.



Implementasi Tata Kelola Perusahaan

Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan telah menjadikan sistem tata kelola perusahaan yang baik sebagai bagian integral dari pengelolaan Perusahaan, dengan mengacu pada lima prinsip utama dalam tata kelola, yaitu:

Transparansi Perusahaan menyediakan dan menyampaikan informasi yang seluas-luasnya kepada publik dan pemegang saham. Laporan Perusahaan diterbitkan secara berkala dan tepat waktu, antara lain mencakup Laporan Keuangan Triwulan, Laporan Keuangan Semesteran, Laporan Keuangan Tahunan yang telah diaudit, Laporan Tahunan, serta informasi lain yang disampaikan melalui paparan publik, media cetak, media elektronik, dan forum hubungan investor.
Independensi Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan memiliki pendapat yang independen dalam setiap pengambilan keputusan. Akan tetapi, selain dari itu juga dimungkinkan bagi Perusahaan untuk memperoleh saran dari konsultan independen, atau dari komite-komite lainnya yang telah dibentuk.
Kewajaran Perusahaan menerapkan prinsip perlakuan setara baik kepada publik, otoritas pasar modal, komunitas pasar modal, maupun pemangku kepentingan lainnya. Hubungan baik dengan karyawan dipelihara dengan memperhatikan hak dan kewajiban karyawan secara adil dan wajar. Lingkungan kerja di Perusahaan juga menjunjung penilaian kerja secara objektif sehingga evaluasi kinerja dapat berlangsung wajar dan imparsial.
Akuntabilitas Perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan sistem pengelolaan Perusahaan yang mendukung kejelasan dan pemisahan fungsi-fungsi, pelaksanaan, maupun pertanggungjawaban unit-unit kerja Perusahaan. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menegakkan prinsip akuntabilitas Perusahaan antara lain pelaporan Direksi kepada Dewan Komisaris mengenai Rencana Anggaran Tahunan dan evaluasi bersama atas kinerja keuangan Perusahaan, penyampaian laporan keuangan pada RUPS Tahunan, pembentukan Komite Audit Internal, serta penunjukan Auditor Eksternal.
Pertanggungjawaban Perusahaan senantiasa mengutamakan kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku dan prinsip korporasi yang sehat. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, Perusahaan senantiasa berpegang pada tata kelola pertambangan yang baik dan menjamin kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Perusahaan sebagai warga korporat yang bertanggung jawab juga peduli terhadap lingkungan dan melaksanakan kewajiban sosialnya secara wajar.