OUR BEST PARTNER EVER

Their contribution for our progress

Program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri, melalui pemanfaatan dana bergulir dari Perseroan.

selanjutnya
PT. TIMAH ( PERSERO ) TBK  OUR BEST PARTNER EVER Klik untuk menelusuri

Berita

Harga Timah Naik, Kinerja TINS Ikut Terdongkrak

Kenaikan ini disebabkan kemerosotan produksi timah Indonesia. Cadangan timah di tambang Bangka Belitung mulai menipis, sementara produsen timah besar, seperti PT Timah Tbk dan PT Koba Tin, belum menemukan ladang baru. Seretnya produksi timah di Tanah Air ini mampu mempengaruhi pergerakan harga dunia. Maklum, Indonesia adalah produsen timah terbesar kedua setelah China.

Peningkatan harga ini tentu berkah tersendiri bagi PT Timah Tbk (TINS). Emiten ini berupaya menelurkan strategi baru di tengah keterbatasan cadangan timah. Strategi itu antara lain, pengembangan produk timah baru bernama lead free solder dan tin chemical. Itu adalah bahan baku logam timah mentah dengan campuran bahan kimia. Produk ini dapat menggantikan solder timah dan bisa digunakan untuk alat elektronik.

Pendapatan Rp 8 triliun

Analis Erdhika Sekuritas Robby Has menilai, perusahaan yang menyuplai pasar Asia Pasifik, Eropa, dan sebagian Amerikan Serikat ini dapat meraih pendapatan Rp 8 triliun. "Laba bersih tahun ini bisa Rp 600 miliar," ramal dia. Pada 2009 laba bersih TINS Rp 313,8 miliar. Ia yakin, TINS mampu meningkatkan produksi. Apalagi manajemen perusahaan itu telah mempunyai strategi lain demi menggenjot produksi, yakni mengurangi ketergantungan penambangan timah di darat. Metty Fauziah, Analis Danareksa Sekuritas, menduga, dengan kenaikan harga sekarang, pendapatan TINS akan mencapai Rp 8,32 triliun dan laba bersihnya akan diatas Rp 580 miliar. Sedangkan volume penjualan tahun ini dia perkirakan mencapai 48.000 ton.


Sumber : dikutip dari Kontan Online, 27 Juli 2010
Kembali